Mengapa jika mesin kendaraan bermotor tiba-tiba mati di lintasan rel
Halaman 1 dari 1
Mengapa jika mesin kendaraan bermotor tiba-tiba mati di lintasan rel
Mengapa jika mesin kendaraan bermotor tiba-tiba mati di lintasan rel
kereta api sulit dihidupkan lagi ?
Ternyata itu disebabkan adanya pengaruh gesekan antara roda kereta
dengan relnya. "Jadi, bukan semata-mata karena sopirnya gugup sehingga
tidak bisa menghidupkan mesin kendaraannya, " kata Dr Ir.Djoko
Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut
Teknologi Surabaya (ITS).
Selama ini sering terjadi kendaraan bermotor tiba-tiba mati mesinnya
saat melintas di atas rel kereta api. Itu terjadi terutama ketika ada
kereta yang mau lewat. Pengendaranya kesulitan menghidupkan kembali
mesin kendaraannya itu. Akibatnya, kendaraan bermotor itu ditabrak
kereta dalam hitungan sekian puluh detik berikutnya.
Kasus terbaru adalah seperti yang dialami Rektor dan Pembantu Rektor
III Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Keduanya tewas karena mobil
yang sedang melintas rel dihantam kereta api. Djoko lalu mengingatkan,
jika mesin mobil tiba-tiba mati di atas rel, maka hendaknya
penumpangnya segera keluar dan mendorongnya . Jika tidak, akan sangat
membahayakan jika kereta segera lewat. Dan jangan berusaha
menghidupkan mesin! Yang anda lakukan adalah, keluar! dan
mendorongnya!
Kalopun anda gak sempat mendorong, setidaknya anda sudah
berada diluar kendaraan dan bisa sewaktu-waktu lari menghindar.
Mengapa mesin bermotor susah dihidupkan? Kata Djoko, terjadi impedansi
Yang ditimbulkan oleh pergesekan roda kereta api dan relnya. Dan,
impedansi itu yang cukup untuk mengakibatkan mesin mobil yang mati
sulit menyala kembali. Kejadian itu terutama berpengaruh pada mobil
atau kendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan
bakar solar juga ada yang terpengaruh. "Pada kendaraan yang berbahan
bakar bensin, starternya digerakkan oleh dinamo," paparnya.
Dari dinamo ini dihasilkan medan magnet yang selanjutnya menggerakkan mesin
mobil. Djoko mengatakan, hal tersebut tidak jadi masalah bila mesin
mobil tersebut tidak mati. Namun bila mesin tersebut mati maka akan
sulit untuk dihidupkan lagi. Medan impedansi tersebut tidak diperlukan
jarak yang dekat untuk itu. Hal tersebut sudah mulai dapat berpengaruh
ketika kereta api masih berjarak 1,5 km lokasi lintasan di mana
kendaraan bermotor itu melintas rel.
Jadi langkah terbaik yang harus dilakukan : dorong kendaraan ( kalau
mobil, segera keluar dari kendaraan) anda dari rel kereta baru setelah
itu coba hidupkan kembali mesin mobil anda.
kereta api sulit dihidupkan lagi ?
Ternyata itu disebabkan adanya pengaruh gesekan antara roda kereta
dengan relnya. "Jadi, bukan semata-mata karena sopirnya gugup sehingga
tidak bisa menghidupkan mesin kendaraannya, " kata Dr Ir.Djoko
Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut
Teknologi Surabaya (ITS).
Selama ini sering terjadi kendaraan bermotor tiba-tiba mati mesinnya
saat melintas di atas rel kereta api. Itu terjadi terutama ketika ada
kereta yang mau lewat. Pengendaranya kesulitan menghidupkan kembali
mesin kendaraannya itu. Akibatnya, kendaraan bermotor itu ditabrak
kereta dalam hitungan sekian puluh detik berikutnya.
Kasus terbaru adalah seperti yang dialami Rektor dan Pembantu Rektor
III Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Keduanya tewas karena mobil
yang sedang melintas rel dihantam kereta api. Djoko lalu mengingatkan,
jika mesin mobil tiba-tiba mati di atas rel, maka hendaknya
penumpangnya segera keluar dan mendorongnya . Jika tidak, akan sangat
membahayakan jika kereta segera lewat. Dan jangan berusaha
menghidupkan mesin! Yang anda lakukan adalah, keluar! dan
mendorongnya!
Kalopun anda gak sempat mendorong, setidaknya anda sudah
berada diluar kendaraan dan bisa sewaktu-waktu lari menghindar.
Mengapa mesin bermotor susah dihidupkan? Kata Djoko, terjadi impedansi
Yang ditimbulkan oleh pergesekan roda kereta api dan relnya. Dan,
impedansi itu yang cukup untuk mengakibatkan mesin mobil yang mati
sulit menyala kembali. Kejadian itu terutama berpengaruh pada mobil
atau kendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan
bakar solar juga ada yang terpengaruh. "Pada kendaraan yang berbahan
bakar bensin, starternya digerakkan oleh dinamo," paparnya.
Dari dinamo ini dihasilkan medan magnet yang selanjutnya menggerakkan mesin
mobil. Djoko mengatakan, hal tersebut tidak jadi masalah bila mesin
mobil tersebut tidak mati. Namun bila mesin tersebut mati maka akan
sulit untuk dihidupkan lagi. Medan impedansi tersebut tidak diperlukan
jarak yang dekat untuk itu. Hal tersebut sudah mulai dapat berpengaruh
ketika kereta api masih berjarak 1,5 km lokasi lintasan di mana
kendaraan bermotor itu melintas rel.
Jadi langkah terbaik yang harus dilakukan : dorong kendaraan ( kalau
mobil, segera keluar dari kendaraan) anda dari rel kereta baru setelah
itu coba hidupkan kembali mesin mobil anda.
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik